Apa itu AFS Bina Antar Budaya?

the indonesian foundation for intercultural learning

Bina Antarbudaya adalah lembaga nirlaba yang mengelola program pertukaran pelajar di Indonesia. Bermitra dengan AFS International Program yang merupakan organisasi pertukaran pelajar terbesar di dunia. etiap tahun, Bina Antarbudaya mengirimkan siswa/siswi terbaik Indonesia untuk tinggal dan belajar di beberapa negara di dunia dalam program pertukaran budaya. Siswa/siswi ini dipilih melalui beberapa tahapan seleksi yang sangat kompetitif untuk memastikan bahwa pelajar yang kami kirim benar-benar yang terbaik sebagai duta Indonesia, tanpa membedakan membedakan agama, ras, suku, maupun latar belakang sosial, ekonomi. Bina Antarbudaya mulai melaksanakan program / kegiatannya mulai tahun 1956 melalui program pertukaran pelajar AFS ke Amerika Serikat antara lain Taufik Ismail. Program ini melibatkan siswa-siswi dari SLTA Negeri dan Swasta di Indonesia.

Dengan misi turut mewujudkan perdamaian dunia, Bina Antarbudaya bertujuan untuk menciptakan persahabatan internasional melalui program pertukaran dan pendidikan antarbudaya. Mereka yang tersentuh hidupnya oleh program-program Bina Antarbudaya diharapkan dapat menjadi pemimpin yang secara aktif mewujudkan perdamaian dunia dan kerjasama antarbangsa dalam bidang kerja masing-masing

Bina Antarbudaya berprinsip tidak membedakan agama, ras, pendidikan, latar belakang sosial dan ekonomi, bersifat nirlaba dan berorientasi pada kepentingan orang banyak. Bina Antarbudaya mengembangkan dirinya sebagai organisasi milik masyarakat berbasis relawan, yang melibatkan berbagai kalangan tanpa adanya eksklusifitas dan elitisme

Siapakah yang boleh mendaftar untuk program ini? Dan Program apa saja yang bisa dipilih?

Siapapun yang masih duduk di kelas X SMU / sederajat, warga negara Indonesia, dan tertarik untuk mempelajari budaya dan kehidupan di negara lain. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut Bina Antarbudaya membuka kesempatan untuk mengikuti proses seleksi pertukaran pelajar Year Program / Intensive Program bagi pelajar SMA.

Program, Periode Keberangkatan & Durasi Program:


-AFS Program (11 Bulan)

Maret 2011 negara tujuan Jepang
Agustus-September 2011 negara tujuan Amerika Serikat / Eropa

-YES Program (11 Bulan) / Amerika Serikat
Agustus 2011

-Jenesys / Jepang
Year Program (11 Bulan) -Maret 2011
Intensive Program (2 Minggu) – Desember 2010

Persyaratan umum:
- Warga Negara Indonesia.
- Sehat jasmani dan rohani.
- Mengikuti dan lulus proses seleksi bertahap yang diadakan oleh Bina Antarbudaya.
- Bersedia berangkat pada bulan Desember (khusus Intensive Programs).
- Siswa kelas 1 SMA/SMK/Aliyah/ sederajat.
- Usia 15-16 tahun 7 bulan (kelahiran 1 September 1993 – 1 April 1995).
- Aktif berorganisasi dan berprestasi dalam beberapa kegiatan.
- Mendapat izin dari orang tua dan sekolah.

Jika kamu seorang siswa pesantren, bisakah kamu berpartisipasi?

Kenapa tidak? Seluruh siswa kelas X SMU / sederajat, baik dari SMK maupun pesantren, boleh mengikuti seleksi. Tentu, apabila mendapat izin dari sekolah yang bersangkutan.

Mengapa hanya mereka yang duduk di kelas X yang boleh mendaftar?

Untuk memastikan bahwa siswa/i yang dikirim merupakan duta bangsa terpilih, mereka harus mengikuti beberapa tahap seleksi di tingkat chapter, nasional, dan internasional. Setelah calon kandidat lolos dari 3 tahap seleksi di tingkat chapter, mereka juga akan diseleksi kembali di tingkat nasional. Kemudian mereka masih menunggu kepastian keberangkatan serta izin dari negara tujuan. Setelah mereka mendapat izin dan memenuhi semua persyaratan, kandidat akan menjalani tahun pertukaran pelajarnya saat ia duduk di kelas XI akhir / kelas XII awal.

Karena proses seleksi yang bertahap inilah, maka kami hanya membuka kesempatan bagi mereka yang duduk di kelas X untuk mendaftar.

Apakah harus fasih berbahasa Inggris supaya bisa lulus program ini?

Tidak juga. Kemampuan bahasa dan akademis bukan yang kami utamakan dalam memilih kandidat. Kami mencari pemimpin masa depan, mereka yang memiliki semangat dan kepribadian yang kokoh untuk mampu belajar dari budaya yang berbeda. Jadi kamu tidak perlu berkecil hati, bila kemampuan berbahasamu tidak seberapa. Toh, jika kamu terpilih untuk belajar di negara lain, kamu akan menguasai bahasa negara tersebut dalam waktu yang relatif singkat! ;-) Tetapi jangan lupa, tes kemampuan bahasa Inggris juga merupakan salah satu tahapan seleksi.

Apakah harus menguasai salah satu kebudayaan daerah agar bisa terpilih?

Penguasaan kebudayaan daerah bisa menjadi nilai tambah untuk peserta seleksi, tetapi tidak diwajibkan. Tapi ada baiknya jika kalian menguasai salah satu bentuk kesenian tertentu agar bisa ditampilkan.

Bagaimana mengenai biaya?

Seperti telah disebutkan, Bina Antarbudaya adalah program nirlaba yang bergerak di bidang pertukaran budaya. Kami memastikan, bahwa siswa/siswi yang kami kirim merupakan siswa/i terbaik yang terpilih melalui seleksi, tanpa memandang latar belakang ekonominya.

Intinya, kami menyarankan agar kamu memberanikan diri untuk mendaftarkan diri. Tak usah takut bahwa kamu tidak cukup berpotensi, yang penting kamu siap membuka diri untuk hal-hal baru. Tidak ada yang tahu, mungkin kamulah orang yang kami cari! Semuanya dimulai dari hari ini…

Apa saja yang harus saya persiapkan untuk mendaftar?

Percaya atau tidak, tidak ada! Yang kamu harus persiapkan hanyalah keinginan yang kuat dan keberanian. Oh iya, kamu juga perlu membawa uang Rp 30.000,00 untuk administrasi; tapi selain itu, simpan dulu semua piagam prestasi dan transkrip nilaimu. Langkah awal adalah datang ke kantor Bina Antarbudaya dan mengambil formulir pendaftaran. Di lembar cara pengisian formulir, kamu akan diberi tahu dokumen apa saja yang diperlukan pada saat pengembalian formulir. Jangan lupa untuk mengembalikan formulir tepat waktu!!

Di manakah saya bisa mendaftar?

Kamu bisa mendaftar di chapter yang paling dekat dengan tempat tinggal / sekolah kamu. Saat ini Bina Antarbudaya memiliki 15 chapter yang tersebar di seluruh Indonesia (Jakarta, Bandung, Bogor, Karawang,  Semarang, Jogja, Surabaya, Malang, Aceh, Medan, Padang, Palembang, Banjarmasin, Samarinda & Makassar) . Untuk informasi chapter yang berada di dekat kota tempat tinggalmu, lihat website Bina Antarbudaya.  ( alamat lengkap lihat brosur (terlampir) / www.bina-antarbudaya.net )

Mau???

About these ads

25 Comments (+add yours?)

  1. Amriena raeyshada
    Apr 24, 2010 @ 02:36:11

    Kisi kisi soal pertukaran pelajaran tahap pengetahuan umum

    Reply

  2. Mozell Devey
    Apr 26, 2010 @ 07:57:41

    Hey, I found your blog while searching on Google your post looks very interesting for me. I will bookmark your site. Keep up the good work!

    Reply

  3. GOject
    Apr 27, 2010 @ 06:22:29

    thank you so much Mozzel :)
    and if u have any information about project , please share to us :)

    Reply

  4. bhewwew bezta
    May 03, 2010 @ 06:23:21

    kak, saya insya allah mau ikutan jenesys kalo engga afs pas sma, tapi paling ntar pas angkatan saya cuma boleh sampe 1 april 1996, sementara saya lahir agustus 96.. bgmn ya?

    Reply

  5. asgariani
    May 07, 2010 @ 19:39:38

    bagaimana dengan seleksi di jabodetabek dan luar jabodetabek kak, sama nggak ? sekolah di jabodetaek kan lebih berkembang di bandingin luar jabodetabek .

    Reply

  6. GOject
    May 08, 2010 @ 00:43:22

    untuk tes seleksinya tidak memeakai standar jabodetabek atau luar jabodetabek .. pakainya standar AFS yg merujuk pada standar internasional :)

    Reply

  7. icha
    Jun 03, 2010 @ 10:06:03

    nilai tes tahap 1 berpengaruh nggak sama tes tahap 2 nya, kak?

    Reply

  8. Uwie
    Aug 17, 2010 @ 10:35:25

    halo kak. seleksinya dimulai kapan nih? seleksi langsung, atau online? berhubung di kota saya ,Tasikmalaya, gak ada office bina antar budaya, dan harus bawa formulir ke bandung. saya takut ketinggalan nih. mhon jawabannya ya kak. trms

    Reply

  9. Sari
    Sep 07, 2010 @ 03:03:07

    Contoh seleksinya seperti apa aja sih?

    Reply

  10. melinskiss
    Sep 22, 2010 @ 02:11:32

    halo.. nice piece btw!

    Maaf permisi mau bertanya dong.. kok website bina antarbudaya-nya ga exist yah?? lalu alamat kantor yang di jakarta di mana? thanks ya buat postingannya,, semoga ga keberatan kalo aku reblog di blogku..

    Reply

  11. Trackback: Apa itu AFS Bina Antar Budaya? (via GOject Indonesia) « the stuff inside the bag
  12. GOject
    Sep 27, 2010 @ 13:17:10

    yupz .. gpp bgt ..
    ni coba alamat yg jakarta:
    Sekretariat Bina Antarbudaya Chapter Jakarta :
    Jalan Teuku Cik Ditiro 78, Menteng Jakarta Pusat 10310.
    Telp / Fax. : 021 – 319 03457
    Website : http://www.bina-antarbudaya.net
    E-mail : Chapterjakarta@yahoo.com

    Reply

  13. ina
    Oct 24, 2010 @ 23:57:36

    hallo, saya mau tanya2 info ttg pertukaran pelajar tahun 2011 karena skrg saya msh smp, tapi kok telpon kantornya ga pernah diangkat ya..apa no telp berubah?

    Reply

  14. Rathna
    Jan 05, 2011 @ 01:29:03

    Kak, saya kan sekarang nih tahun 2011, udah kelas X SMA Smt 1, dan saya mau tanya, kalau pendaftaran untuk tahun ini kapan ya? Formulirnya bisa diambil dimana ya? Berhubung saya dari Tasikmalaya. Jadi mau ke chapter Bandung.

    Kalau usia saya, 15 tahunnya nanti pertengahan April. Gimana dong?

    Kak, kalau misalnya ikutan yang 11 bulan, AFS/ YES, itu berarti kita sekolah disana selama 11 bulan, terus pulang dari sana ngelanjutin di kelas 12 SMA kita yang di Indonesia atau ngulang lagi dari kelas 10?

    Reply

  15. widya ayu
    Apr 06, 2011 @ 10:04:18

    asswrwb, kak mau tanya ..
    sekolah saya sistemnya asrama, la guru saya “ngendika” ke kami, persyaratan menyusul yang penting formnya dulu ..
    bagaimana kak ?
    lalu mengenai nilai di cawu sd dan smp itu bagaimana kak, karena setiap jenjang ada cawu, dan sekolah smp saya tidak menerapkan sistem cawu, gimana kak ?
    maaf banyak bertanya, saya agak bingung .
    terima kasih banyak kak ..

    Reply

  16. nona susan anna maria
    Apr 09, 2011 @ 02:20:33

    Can I go to abroad to America?

    Reply

  17. nona susan anna maria
    Apr 09, 2011 @ 02:23:14

    Oh God,give me surprice,is can go to America.

    Reply

  18. nona susan anna maria
    Apr 09, 2011 @ 02:24:57

    kak,yang di seleksi apa-apa saja?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: