LOMBA KARYA ILMIAH TINGKAT SMA 2010

Deadline: 30 September 2010

KETENTUAN LOMBA CIKITA (LOMBA CIPTA KARYA ILMIAH DAN PEDULI PERTANIAN) GEBYAR PERTANIAN 2010

KETENTUAN LOMBA KARYA ILMIAH

A. Persyaratan Administratif

Terdapat empat tema yang dapat dipilih oleh peserta, sebagai berikut:

a. Pertanian terpadu untuk menjawab tantangan pertanian saat ini.

b. Peran pertanian dalam menjaga kelestarian lingkungan.

c. Peran pemuda dalam memajukan pertanian Indonesia.

d. Peningkatan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan pertanian.

  1. Peserta lomba karya ilmiah adalah siswa/ siswi SMA, SMK, MA, dan sederajat yang masih aktif. Status kesiswaan dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Pelajar dan surat keterangan dari kepala sekolah dan disertakan dalam pengiriman.
  2. Peserta wajib mempersiapkan presentasi karya ilmiah yang dibuat dalam bentuk Microsoft Powerpoint yang dikirimkan bersamaan dengan pengiriman berkas lomba karya ilmiah.
  3. Karya ilmiah ditulis oleh individu atau tim dengan jumlah anggota maksimal tiga orang dari tiap sekolah dan dapat dipandu oleh seorang guru pembimbing.
  4. Individu peserta diperbolehkan terdaftar pada lebih dari satu jenis lomba.
  5. Tiap individu peserta diwajibkan mengisi formulir pendaftaran dengan menyertakan fotokopi Kartu Tanda Pelajar dan pas foto berwarna ukuran 3×4 (tiga lembar) pada berkas pengiriman.
  6. Karya ilmiah dikirimkan dalam bentuk hardcopy (disampul warna hijau dan dijilid rapi sebanyak dua rangkap) beserta softcopy dalam bentuk CD, atau dapat dikirim melalui e-mail dengan menyertakan semua persyaratan pendaftaran.

B. Persyaratan Penulisan

  1. Karya ilmiah belum pernah diterbitkan/dipublikasikan sebelumnya (naskah yang pernah diterbitkan di suatu jurnal dan naskah yang pernah memenangkan suatu lomba penulisan ilmiah tidak berhak lagi diajukan sebagai naskah dalam lomba ini).
  2. Karya ilmiah yang dilombakan berupa studi pustaka dan bukan hasil penelitian sendiri.
  3. Naskah ditulis menggunakan aplikasi pengolahan kata Microsoft Word.
  4. Naskah ditulis minimal 10 halaman termasuk sampul, daftar pustaka dan lampiran. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut dapat mengurangi penilaian.
  5. Karya ilmiah ditulis dalam bahasa Indonesia, dengan bahasa baku dan memperhatikan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan (EYD), jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti dan tidak menggunakan singkatan seperti “tdk”, “tsb”, “yg”, “dgn”, “sbb”, “dll”.
  6. Pengiriman dilakukan dengan dua cara :

a. melalui e-mail gebyarpertanian2010@gmail.com dengan mengirimkan softcopy karya ilmiah dan kelengkapan persyaratan lain dalam satu folder dengan nama SMA masing-masing

b. melalui pos dengan mengirimkan formulir, fotokopi kartu pelajar, dan pas foto berwarna 3×4 sebanyak 2 lembar, dan bukti pembayaran pendaftaran paling lambat 31 September 2010 cap pos.

  1. Karya ilmiah yang telah dikirimkan akan diverifikasi menjadi tiga karya terbaik yang akan dipresentasikan untuk menentukan pemenang ke satu, ke dua, dan ke tiga.
  2. Pengumuman tiga terbaik akan dilaksanakan tanggal 7 Oktober 2010 melalui media telekomunikasi. Peserta yang memenangkan 3 besar wajib melakukan presentasi karya ilmiah pada tanggal 16 Oktober 2010 di Ruang Sidang Faperta IPB pukul 08.00 WIB (jadwal dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan terlebih dahulu).
  3. Pemenang 3 besar akan diundang untuk mengikuti acara Seminar Pertanian Nasional pada tanggal 17 Oktober 2010 yang bertempat di Gedung Auditorium Toyib Hadiwijaya IPB.
  4. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi:

Departemen Pertanian BEM Fakulas Pertanian IPB

Cp: rene (081912610468) dan Diah Rahmi (087870704734)

Email: gebyarpertanian2010@gmail.com

Blog: www.gebyarpertanian2010.blogspot.com

C. Petunjuk Pengetikan

  1. Naskah diketik spasi 1.5 pada kertas berukuran A4 dengan font 12 Times New Roman, jarak pengetikan 4 cm dari samping kiri, 3 cm dari samping kanan, 3 cm dari batas atas dan 3 cm dari batas bawah.
  2. Cara penulisan bab dan subbab tidak menggunakan sistem numeral, artinya tidak ada penomoran bab dan subab.
  3. Judul karya ilmiah diketik menggunakan huruf besar (kapital) dengan font style bold (cetak tebal) dengan posisi di tengah tanpa digarisbawahi.
  4. Judul bab diketik menggunakan huruf besar (kapital) dengan font style bold (cetak tebal) dengan posisi di tengah tanpa digarisbawahi.
  5. Judul subbab ditulis dengan font style bold (cetak tebal), dimulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti preposisi (“di”, “ke”, “dari”, “yang”, “antara”, “pada”, “untuk”, “tentang”, “dengan”) dan kata sambung (“dan”, “atau”, “sejak”, “setelah”, “karena”).
  6. Judul anak subbab ditulis dengan font style italic (cetak miring) dimulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti preposisi (“di”, “ke”, “dari”, “yang”, “antara”, “pada”, “untuk”, “tentang”, “dengan”) kata sambung (“dan”, “atau”, “sejak”, “setelah”, “karena”).
  7. Alinea baru diketik menjorok ke dalam (diberi indentation) sebanyak 7-8 karakter (sekitar 1,25 cm). Nama-nama penulis beserta alamat sekolah diketik tepat dibawah judul karya ilmiah.
  8. Bagian kelengkapan administratif yang meliputi halaman judul, halaman nama/ daftar anggota kelompok, kata pengantar (jika ada) dan daftar isi diberi nomor halaman menggunakan angka romawi kecil di tengah bawah (i, ii, iii dan seterusnya).
  9. Bagian utama (naskah karya ilmiah) diberi nomor halaman menggunakan angka arab yang dimulai dengan nomor halaman 1 (satu) di kanan bawah.
  10. Tabel diberi judul dan penomoran sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka arab.
  11. Gambar, baik dalam bentuk grafik maupun foto diberi judul dan penomoran sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka arab.
  12. Karya ilmiah tersusun dari halaman judul, halaman nama/ daftar anggota kelompok, kata pengantar (jika ada), daftar isi, daftar tabel (bila perlu), daftar gambar (bila perlu), pendahuluan, tinjauan pustaka, pembahasan, simpulan dan saran, serta daftar pustaka.

Sistematika dan Format Penulisan

Tanpa mengurangi kreativitas dari penulis, naskah hendaknya ditulis dengan sistematika sebagai berikut: diawali dengan Judul, Nama Penulis (termasuk alamat/ nama sekolah) lalu diikuti dengan pendahuluan (termasuk latar belakang, tujuan, rumusan masalah, dan manfaat), Tinjauan pustaka, Pembahasan, Simpulan dan Saran, Ucapan terima kasih (bila ada), serta Daftar pustaka.

  • Judul Judul tulisan hendaknya menggambarkan isi pokok tulisan secara ringkas dan jelas. Nama-nama penulis ditulis tepat di bawah judul, disertai dengan alamat sekolah penulis dan guru pembimbing.
  • Pendahuluan Pendahuluan merupakan gambaran umum dari observasi awal dan fenomena mengenai topik yang diangkat. Latar belakang, rumusan masalah, tujuan dari karya ilmiah serta manfaat untuk waktu yang akan datang, ditunjukkan di dalam pendahuluan.
  • Tinjauan Pustaka Tinjauan pustaka mengemukakan tentang teori-teori yang mendasari pembahasan dan isinya sesuai dengan tema.
  • Pembahasan Pembahasan umumnya berisi uraian dan analisis berkaitan dengan masalah yang akan dikemukakan. Pembahasan tentang pertanyaan-pertanyaan yang timbul dari dugaan ilmiah yang dapat bermanfaat untuk kelanjutan bagi pengetahuan di masa mendatang. Pemecahan masalah yang berhasil dilakukan perbedaan dan persamaan dari hasil pengamatan terhadap informasi yang ditemukan dalam berbagai pustaka perlu mendapatkan cacatan di sini.
  • Simpulan dan Saran Simpulan merupakan bagian akhir tulisan yang membawa pembaca keluar dari pembahasan. Secara umum simpulan menunjukkan jawaban atas tujuan yang telah dikemukakan dalam pendahuluan. Saran merupakan masukan dari penyusun tentang ulasan karya ilmiah yang telah dibuat. Saran juga dapat merupakan anjuran untuk menindaklanjuti karya ilmiah yang telah dibuat.
  • Daftar Pustaka Daftar pustaka berisikan informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan.

Contoh penulisan daftar pustaka:

· Buku dengan pengarang

Wirahadikusumah M. 1989. Biokimia. Bogor: IPB Press.

· Buku dengan editor

Gilman AG, Rall TW, Nies AS, Taylor P, editor. 1990. The Pharmacological Basis of Therapeutics. Ed ke-8. New York: Pergamon.

· Buku dengan Lembaga atau Organisasi sebagai pengarang

[Depdikbud] Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.

· Buku terjemahan tanpa editor

Lehninger AL. 1982. Dasar-dasar Biokimia. Ed ke-2. Thenawidjaja M, penerjemah. Jakarta: Erlangga. Terjemahan dari: Principles of Biochemistry.

· Buku terjemahan dengan editor

Murray RK et al. 1999. Biokimia Harper. Ed ke-24. Hartono A, penerjemah; Santoso AH, editor. Jakarta: EGC. Terjemahan dari: Harper’s Biochemisty.

Prosedur Pendaftaran

  1. Peserta diwajibkan melengkapi persyaratan seperti: mengisi formulir pendaftaran, (klik di sini) melampirkan fotocopy Kartu Tanda Pelajar, melampirkan pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak dua lembar.
  2. Berkas karya ilmiah dalam bentuk hard copy kirimkan dalam amplop folio berwarna cokelat dengan mencantumkan kode lomba [KIP] di pojok kanan atas amplop dan dikirimkan selambat-lambatnya tanggal 31 September 2010 cap pos, ke alamat:

Sekretariat BEM- A FAPERTA

Gedung Fakultas Pertanian 15 TAN 301

Jl. Meranti Kampus IPB Darmaga 16680

  1. Pengiriman harus dilakukan dengan dua cara:

a. Melalui pos, berupa berkas sebanyak dua rangkap, softcopy berkas dan softcopy presentasi dalam bentuk CD, formulir pendaftaran dan kelengkapan pendaftaran lain.

b. Melalui e-mail berupa softcopy dalam format Microsoft Word, Presentasi Ms. powerpoint, formulir pendaftaran dan kelengkapan pendaftaran lainnya yang disimpan dalam satu folder bernama asal sekolah masing-masing ke alamat gebyarpertanian2010@gmail.com

  1. Biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000,00 untuk lomba Karya Ilmiah, dikirim via transfer melalui bank BNI dengan nomor rekening 0153789373 atas nama Uswatun Khasanah

Ketentuan Pemenang

  1. Lomba karya ilmiah:

juara I : Rp 1.000.000,00 + sertifikat + tropy

Juara II : Rp 750.000,00 + sertifikat + tropy

Juara III : Rp 500.000,00 + sertifikat + tropy

Hadiah berupa uang akan dikirimkan melalui nomor rekening peserta*), serta sertifikat dan tropy akan dikirimkan melalui pos.

*) konfirmasi akan dilakukan setelah pengumuman pemenang

7 Comments (+add yours?)

  1. dewi
    Aug 12, 2010 @ 23:37:06

    kirim dong formulir pendaftarannya…susah banget mendowlond nya….

    Reply

  2. dewi
    Aug 12, 2010 @ 23:50:55

    apakah di berikan penghargaan atau sertifikat bagi peserta yang tidak menang???

    Reply

  3. Hifatullah
    Oct 21, 2010 @ 08:49:53

    Apakah masih ada lomba – lomba seperti karya ilmiah tingkat sma atau yang lain, jika ada aku minta informasi nya mohon beritahu aku ini imel aku, hifatullah05@yahoo.com atau fb hifatullah anak serang atau lwt hp 085813911144 / 083813187111 aku ingin sekali ikut lomba karya ilmiah.

    Reply

    • GOject
      Oct 21, 2010 @ 22:28:42

      untuk tahun 2011 akan ada ISPO ke-3, jadi bersiap yah, untuk info lebih lanjut, segera gabung di group Goject Indonesia di facebook, nanti akan kami informasikan tentang ISPO. terima kasih🙂

      Reply

  4. Hifatullah
    Oct 22, 2010 @ 05:19:18

    Owh 2011 trus bagai mana cara mendaftar nya, ISPO Itu singkatan apa ?Aku lom tau

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: